Info Terbaru 2022

Contoh Perihal Argumentasi, Eksposisi, Dan Narasi

Contoh Perihal Argumentasi, Eksposisi, Dan Narasi
Contoh Perihal Argumentasi, Eksposisi, Dan Narasi
Contoh Wacana Argumentasi, eksposisi, dan narasi seerti biasanya sebelum membedah ontoh-contohnya kita akan ulas duu mengenai wacana, argumentasi, eksposisi, narasi dan lain sebagainya semoga gampang dalam pemahamannya nanti.

Wacana ? Dalam KBBI perihal diartikan sebagai : Keseluruhan tutur yang merupakan suatu kesatuan ;
Komunikasi verbal ; percakapan ; dan masih ada beberapa arti lagi tapi tidak admin cantumkan.
 dan narasi seerti biasanya sebelum membedah ontoh Contoh Wacana Argumentasi, eksposisi, dan narasi

Pengertian perihal ?

Menurut J.S. Badudu (2000) perihal diartikan sebagai rentetan kalimat yang berkaitan dengan, yang menghubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang lainnya, membentuk satu kesatuan, sehingga terbentuklah makna yang harmonis diantara kalimat-kalimat itu.

kiranya cukup memperlihatkan klarifikasi dari uraian diatas mengenai apa itu arti dari wacana, sebelum menginjak pola perihal argumentasi mari kita bahas apa itu perihal argumentasi.

Wacana argumentasi

Wacana argumentasi yakni perihal yg bertujuan untuk menghipnotis pembaca semoga sanggup mendapatkan pendapat, ide, ataupun pernyataan yang dikemukakan oleh penulisnya. Untuk memperkuat pendapat atau idenya itu, penulis perihal argumentasi biasanya menyertakan data-data pendukung. Tujuannya, semoga pembaca menjadi semakin yakin atas kebenaran yang telah disampaikan penulis.

Contoh perihal argumentasi

Berikut sedikit pola kutipan perihal argumentasi

Menyetop bola memakai  dada dan kaki sanggup ia lakukan dengan sempurna. Tembakan kaki kanan serta kaki kirinya tepat dan keras. Sundulan yang dihasilkan dari kepalanya sering memperdaya kiper lawan. Bola seperti berdasarkan kehendak dirinya. Larinya sangat cepat bagaikan kijang. Menjadikan lawan sukar mengambil bola diantara kakinya. Operan bolanya akurat dan terarah. Amin benar-benar pemain bola profesional.
Tujuan yang ingin di capai melalui argumentasi tersebut, antara lain :

  • Melontarkan pandangan / pendirian
  • Mendorong atau mencegah
  • Mengubah tingkah laris pembaca
  • Menarik simpati

Contoh lainnya menyerupai laporan penelitian ilmiah, karya tulis dsb.

Wacana Eksposisi

Apa itu eksposisi ? Eksposisi merupakan salah satu jenis pengembangan sebuah paragraf dalam penulisan dimana didalam isinya ditulis dengan tujuan menjelaskan ataupun memperlihatkan pengertian dengan gaya bahasa / penYang Kedua bagi American Airlines

Contoh Wacana Eksposisi

Jatuhnya sebuah pesawat berkapasitas 266 penumpang air bus A300- 600 merupakan insiden kedua kalinya bagi American Air lines beberapa detik ketika lepas landas dari bandara internasional O’Hare Chicago, tiba-tiba mesin sebelah kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak sanggup lagi mengendalikan pesawat akhir keseimbangan dari pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin yang berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam daerah parkiran kendaraan 31 detik kemudian dan 271 penumpang plus awak tewas ditempat. 

Sumber: Kompas, 15 November 2001 goresan pena yang singkat, akurat, dan padat.

Wacana Narasi

Wacana Narasi merupakan salah satu jenis perihal yang mengisahkan /  menceritakan sesuatu insiden secara runtut atau berurutan berdasarkan kejadiannya. Wacana jenis ini tidak bermaksud untuk menghipnotis pembaca melainkan hanya menceritakan sebuah kejadian yang telah dialami, disaksikan,  dan didengar oleh penulisnya. Narasi sanggup bersifat fakta bahkan fiksi. Narasi yang bersifat fiksi diantaranya cerpen dan novel sedangkan narasi yang bersifat fakta, antara lain biografi dan autobiografi.

untuk pola perihal narasi lihat disini

sekian artikel dari contohsimpel.blogspot.com semoga bermanfaat. Contoh Wacana Argumentasi, eksposisi, dan narasi
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90