Info Terbaru 2022

Contoh Kata Serapan Dan Asalnya

Contoh Kata Serapan Dan Asalnya
Contoh Kata Serapan Dan Asalnya
Contoh kata serapan berikut admin ambil dari beberapa sumber supaya gampang diakses, sebelum membaca misalnya ada baiknya kita ulas dulu Apa itu kata serapan ?

Kata serapan biasa juga disebut dengan "kata pungutan" / "kata pinjam" yaitu kata yang asal-muasalnya dari bahasa ajaib yang telah diintegrasikan kedalam suatu bahasa dan kemudian diterima pemakaiannya secara umum.


 berikut admin ambil dari beberapa sumber supaya gampang diakses Contoh Kata Serapan dan Asalnya

Kata serapan dalam Bahasa Indonesia


Ternyata bahasa nasional kita juga menyerap banyak kata dari bahasa lain, terutama bahasa dari negara yang pernah bekerjasama dengan Indonesia, baik melalui perdagangan (seperti : Sanskerta, Tionghoa, Arab), atau melalui penjajahan (seperti bangsa Portugis, Belanda, Jepang), maupun disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan (Inggris). Contoh kata serapan dalam bahasa Indonesia adalah:

tetapi ( berasal dari bahasa Sanskerta tathâpi: namun itulah)
mungkin (berasal dari bahasa Arab mumkinun: ?)
kongko (berasal dari bahasa Hokkien kongko: bercakap)
meski (berasal dari bahasa Portugis mas que: walau)
bengkel (berasal dari bahasa Belanda winkel: pojok atau toko)

Contoh kata serapan secara utuh

Dalam bahasa indonesia juga terdapat kata serapan yang serap secara utuh maksudnya kata yang diserap tidak berubah dalam penulisan, misalnya : domain, film, golf, ice cream, Internet, lift, markup, monitor, radio dan lain sebagainya

lihat pola lainnya disini : http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kata_serapan_dari_bahasa_Inggris_dalam_bahasa_Indonesia

Demikian ulasan kali ini mengenai pola kata serapan yang sanggup admin berikan, meskiput sedikit mudah-mudahan udah meliputi kesemuanya, terimakash sudah berkunjung di blog pola simpel semoga bermanfaat.




Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90