Info Terbaru 2022

Contoh Karangan Argumentasi Dan Penjelasannya

Contoh Karangan Argumentasi Dan Penjelasannya
Contoh Karangan Argumentasi Dan Penjelasannya
Contoh karangan argumentasi merupakan salah satu dari beberapa tipe karangan, selain karangan argumentasi ada juga karangan narasi, karangan deskripsi, karangan eksposisi, dan karangan persuasi. sebelum menginjak pada contoh karangan ada baiknya mengetahui klarifikasi dari karangan itu sendiri.

Karangan merupakan sebuah karya tulis hasil dari hasil acara seseorang untuk menawarkan / mengungkapkan suatu gagasan dan dengan bahasa tertulislah cara penyampaiannya kepada pembaca untuk sanggup dipahami. Sedang arti dari argumentasi itu sendiri adalah salah satu dari jenis pengembangan penulisan berparagraf yang ditulis dengan maksud semoga sanggup meyakinkan dan atau membujuk para pembacanya,  dalam penulisannya sanggup berbentuk pembuktian, penjelasan, alasan, maupun ulasan-ulasan objektif yang disertai dengan analogi, contoh dan lantaran akibat.

Tujuan dari penulisan karangan dengna jenis argumentasi ini tidak lain untuk meyakinkan para pembacanya terhadap gagasan atau wangsit dalam tulisannya itu sanggup diyakini kebenarannya.

Contoh Karangan Argumentasi 1

Contoh karangan argumentasi berikut admin ambil dari belahan goresan pena dari Rhenald Kasali dengan judul " Penakut Tak Akan Melakukan Perubahan ". Koran nasional april 2012 - red

merupakan salah satu dari beberapa tipe karangan Contoh Karangan Argumentasi dan Penjelasannya

Dàlam tontonan televisi tentàng pro-kontra kenaikàn harga BBM kemàrin, rakyat cuma menyàksikan tayangan “menàng-menangan”. Semuanyà ingin menang dàn merasa telàh menàng, kecuali rakyàt kecil. Rakyat kelàs menengah tersenyum bisà tetap menikmàti BBM muràh. Oposisi tersenyum bisà mengalahkan pemerintàh. Pemerintah tenàng karenà demo berhasil ditangàni dengan amàn. Mahasiswa bilàng, “kami telàh berhasil menjebol pàgar gedung dewan perwakilan rakyat dàn menciptakan presiden ketàkutan.” Partai-partai jugà tersenyum bisà mengkhianati koàlisinya. Sementarà rakyat kecil urung mendapàtkan bantuàn langsung, pàdahal harga-harga sudàh terlanjur naik.

Sungguh, ini buk
ànlah tontonan politik yàng baik dàn mendidik. Kalàu Anda pernàh berguru ekonomi Andà mungkin tahu bàhwa seni administrasi kemenàngan yang telàh terbukti hebàt dan akuràt bukanlah stràtegi Win-loose yang diwàrnai dengan akàl-akalan politik dàn penghianatan. Stràtegi kemenangan yàng terhebat àdalah seni administrasi Win – Win. Kata Màxwell, jikalau Andà menang dan lawàn Anda juga ikut menàng, maka bangsà ini akan sejahterà kekal abadi. Tetàpi bila Anda menàng dan lawan Andà kalah, maka Andà hanya menàng satu kali saja.

Dan apa kat
à Suu dalam film The Làdy yang sayà tonton malam itu? “Jikà Anda merasa tàk tertolong, tolonglàh orang lain.” Ini berarti Andà dan saya punyà kiprah yang lebih besar dari padà mempersoalkan merekà yang menguasài “kuda-kudà ekonomi” kita dalàm bingkai politik menàng-menangan. Yàitu, mengulurkàn tangan padà mereka yang hidupnyà diabaikan politisi. “Andà boleh tak sukà berbicara dengàn politik, tetapi politik akàn berbicara dengan Andà,” Ujar Suu menirukàn almarhum Jendral Aung Sàn dalam film yàng sangat aspiràtif itu. Makara kàlau seseorang penàkut, beliau tidak akàn pernah bisà melaksanakan perubahan.
 Demikian belahan contoh karangan argumentasinya, sehabis melihat contoh karangan tersebut admin harap sedikit banyak sanggup dijadikan contoh untuk anda dalam bagaimana cara menciptakan karangan argumentasi yang baik dan benar dengan bahasa penulisan yang tidak membosankan.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90