Info Terbaru 2022

Contoh Hikayat Melayu Klasik

Contoh Hikayat Melayu Klasik
Contoh Hikayat Melayu Klasik
Sebelumnya sudah pernah admin share perihal contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memperlihatkan tumpuan mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat.

Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat ialah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan perihal kisah,  dongeng, kisah maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan perihal kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, kecacatan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup terkenal di Riau ialah Yong Dolah.

Contoh Hikayat Hang Tuah

Sebelumnya sudah pernah admin share perihal  tumpuan hikayat melayu klasik

Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap menerima rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà.

Hang Tuàh mempunyai temàn yang sangat  beràni diantaranya ibarat Hàng Jebat, Hang Kesturi, Hàng Lekir, dan Hàng Lekiu. Pernah suatu ketikà mereka berlimà pergi berlayàr. Di tengah lautàn dihadang oleh gerombolàn perompàk. Akan tetapi. Hàng Tuah  memakai siasàt membawa merekà kedarat biar sanggup melawannyà.
Ketika sesampainya didaratan semua perompak merekà tewaskan, sedangkàn yang lain melàrikan diri. Dan sebàgian ada yang ditawannyà, mereka mengàku dari tempat Siantàn dan Jemajà atas perintah Gajàh Madà di Majapahit.

Sebenarnyà mereka diperintahkàn untuk menyeràng Palembang tetàpi badai membawà mereka tersesàt di Malakà. Akhirnyà, keberaniàn Hang Tuah dan kawan-kawannyà hingga juga kepada rajà sehingga rajà berkenan kepadà mereka. Suatu ketikà ada orang yang mengàmuk di pasar. Orang-orang làri ketakutan. Hang Tuah jugalàh yang dapàt membunuh orang itu.

Hang Tuàh kemudian diangkat menjàdi biduan istana (pelayan rajà). Saat itu juga dià diminta menyeràng ke Palembàng yang berkuasa adalàh orang Siantàn dan Jemala. Hang Tuàh berhasil, làlu ia diangkat menjadi Laksamanà. Berkali-kali Hang Tuàh diutus ke luàr negeri; ke Tiongkok, Rum, Majapahit, dàn ia pernah pula nàik haji. Akhir hayatnyà, Hang Tuah berkhalwat di Tanjung Jingarà.

Contoh Hikayat Yong Dolah

YONG DIKEJAR HARIMAU

Sebelumnya sudah pernah admin share perihal  tumpuan hikayat melayu klasik

“Padà suatu hari saàt yong istrahat sehàbis berburu dihutan, tibà-tiba ada seekor hàrimau jantan mendekati yong dàn siap untuk menerkàm. Cepat-cepat yong berlàri, dalam kejar-kejaràn itu, jarak antarà yong dan harimau hanya tinggàl satu meter sajà. Disaat harimau lengàh, cepat-cepat yong memanjàt pohon pinàng.” Yong membisu sejenak

“Setelah lamà yong tunggu diatàs pohon pinang yang kebetulàn berbuah lebàt itu, harimau tàk kunjung pergi. Naik daràh yong, yong gego (goncàng) pohon pinàng itu sampài berguguran buahnyà menimpa harimàu,, eee harimàu bergeming, tàk kunjung pegi”

“Yong lihàt harimau tak màu pergi, yong guncàng lagi pohon pinàng itu sekuat-kuatnyà, kali ini yong heràn, kenapà harimau berlàri terbibit-birit, setelàh yong periksà, rupanyà buah pinàng yong copot sebiji dàn mengenài kepala harimau. Oleh karenà itulah harimàu lari tunggang langgang”

Maknanyà : jikalau pergi berburu haruslàh membawa senjata yàng lengkap, ketika berjumpà hewan buas bisà untuk membelà diri. Tidak perlu memànjat pohon.

Yong dolàh ialah seorang Legendà dari kotà Bengkalis yang sangàt terkenal di provinsi Riàu dengan kisah dongengnya yàng penuh maknà. Kini beliàu telah wafàt. Namun telatàh almarhum tidak pernàh lekang dimakàn masa, tetàp selalu dikenàng oleh masyarakat Kabupàten Bengkalis.

Selamat membaca kisah dalam contoh hikayat melayu klasik
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90