Info Terbaru 2022

Contoh Tajuk Rencana Pendidikan Singkat Terbaru

Contoh Tajuk Rencana Pendidikan Singkat Terbaru
Contoh Tajuk Rencana Pendidikan Singkat Terbaru
Tajuk rencana ? kali ini admin akan menawarkan contoh tajuk rencana ihwal pendidikan, tajuk rencana merupakan karangan dengan sifat argumentatif yang ditulis oleh media massa seputar hal-hal yang nyata (sedang terjadi atau sedang menjadi pembicaraan banyak orang diluarsana) dan faktual tentunya. Tajuk rencana juga disebut sebagai editorial. Tajuk rencana sanggup berisi jawaban ataupun pandangan dari penulisnya ihwal suatu insiden / permasalahan.

Contoh Tajuk Recana Pendidikan di Indonesia

Komersialisasi Pendidikan

Keluhan tiba bertubi-tubi dari orangtua murid. Mereka mengeluh dengan besarnya biaya sekolah negeri dan swasta yang sama ganasnya dalam melaksanakan pungutan.

Istilah komersialisasi pendidikan akhir-akhir  ini menjadi perhatian. Berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya, keluhan komersialisai pendidikan pada tahun ini lebih masif. Unjuk rasa masyarakat mengatasnamakan keluhan orang bau tanah murid. Pemerintah telah menegaskan bahwasannya pungutan boleh dilakukan asal terkendali dan tidak bersifat KOMERSIAL.

Penegasan menyerupai itu dianggap bukan merupakan pelangaran, namun pembenaran. Sekolah negeri dan akademi tinggi negeri tak kalah mahal dengan milik swasta. Contohnya, uang penerimaan siswa gres di Sekolah Menengan Atas negeri di Jakarta Timur Rp 7.375.000, sementara itu diSMA swasta di Jakarta Pusat Rp 11.718.000.

Resahnya orang bau tanah mengingatkan para pengambil keputusan. Kendati Indonesia sudah puluhan tahun merdeka, belum pernah masalah pendidikan di tangani secara serius. Belum selesai ihwal ujian, muncul masalah kurikulum, kemerosotan mral dan mutu pendidikan, dan lain sebagainya.

Memang ada langkah untuk maju setapak sesudah abad reformasi jikalau dibanding dengan abad sebelumnya. Dulu sebatas pentingnya pendidikan (pengembangan SDM), sekarang ada aneka macam penambahan alokasi anggaran untuk pendidikan.

Untuk itu, tak perlu tercengang kaget dikala Jepang mengalokasikan anggaran untuk pendidikan sampai seratus kali lipat dibanding Indonesia. Sebaliknya, harus kaget dikala Banglades, yang notabenenya negara kecil mengalokasikan anggaran untuk pendidikan 2,9 persen dari anggaran nasional mereka. Sementara itu, Indonesia raya di abad yang bersamaan hanya 1,4 persen.

Pendidikan merupakan sebuah kiprah untuk masyarakat dan pemerintah. Saat praksis pendidikan tak lagi sanggup mayoritas sebagai aktivitas sosial akan tetapi sebagai aktivitas bisnis, aturan dagang "ada rupa ada harga" jadi berlaku. Penyelenggara pendidikan serupa dengan forum bisnis. Tapi memang dari sanalah forum pendidikan swasta berkembang.

Saat pemerintah melaksanakan praktik yang sama, muncul sebuah pertanyaan, negeri dan swasta kok sama? Lembaga sekolah negeri tampaknya ikut "ganas" atau "MANGAS" dalam melaksanakan aneka macam macam pungutan disekolah.

Anggaran cukup bukanlah segalanya. Akan tetapi ketersediaan anggaran gres memenuhi salah satu dari sekian banyak persyaratan praksis pendidikan. Tetapi, ihwal ketersediaan anggaran  sanggup mencerminkan keseriusan perhatian, keberanian di dalam menawarkan prioritas, dan sesuatu yang tak terselesaikan yang hanya menjadi wacana yang berkepanjangan.

_____

itulah sedikit contoh tajuk rencana pendidikan singkat yang sanggup admin berikan biar sanggup bermanfaat dan memanfaatkan.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90