Info Terbaru 2022

Contoh Pelanggaran Ham Di Lingkungan Sekolah

Contoh Pelanggaran Ham Di Lingkungan Sekolah
Contoh Pelanggaran Ham Di Lingkungan Sekolah
Sebelum menginjak mengenai Contoh Pelanggaran di sekolah, alangkah baiknya menelusuri dari, Apa itu HAM dan bagaimana pasal-pasalnya, Menurut Pasal 1 Angka 6 No. 39 Tahun 1999 yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi insan setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk pegawanegeri negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara aturan mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi insan seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapat atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan aturan yang adil dan benar menurut prosedur aturan yang berlaku.

 yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi insan setiap perbuatan seseorang atau kelomp pola pelanggaran HAM di lingkungan sekolah

Hampir sanggup dilihat dalam lingkungan sekitar kita perihal pelanggaran hak asasi manusia, baik di Indonesia maupun di negara lain. Pelanggaranbisa dilakukan oleh siapa saja tidak pemerintah maupun masyarakat biasa.

Pelanggaran HAM ada dua kategori, yaitu :

a. Kasus pelanggaran HAM yang bersifat berat, diantaranya :

Pembunuhan masal (genisida), Pembunuhan sewenang-wenang, Penghilangan orang secara paksa,   Penyiksaan,  Perbudakan atau diskriminasi

b. Kasus pelanggaran HAM yang biasa, diantarnya:
Pemukulan, Pencemaran nama baik, Penganiayaan, Menghalangi orang untuk mengekspresikan pendapatnya,

Akan tetapi didalam admin ini mencoba memaparkan perihal Contoh Pelanggaran HAM di sekolah. Sekolah merupakan lingkungan kedua sesudah lingkungan keluarga yang akan membentuk sikap, aksara sikap dan kepribadian seorang anak, selain pengembangan ilmu pengetahuan. lingkungan sekolah hampir sam dengan lingkungan keluarga alasannya ialah didalam lingkungan keluarga dikala mengajarkan kepada anaknya paling tidak deiberi sansi supaya tidak mengulangi kesalahnnya lagi, begitu juga dengan lingkungan sekolah. akan tetapi terkadng eksekusi tersebut tidak disadari oleh anak didik yang termasuk penggaran HAM si anak.

akan tetapi pihak sekolah atau pendidik merasa kebingungan dikala harus memberi peringatan terhadap siswa yang tidak sanggup ditolerir, dan sudah ketelaluan sehingga mengakibatkan seorang guru menghukum lebih dari yang beliau kira.

Berikut contoh pelanggaran HAM di lingkungan sekolah

  1.     Guru yang memperlihatkan hukuman dan atau eksekusi kepada anak didiknya secara fisik (dijewer, ditendang, dicubit, disetrap di depan kelas ataupun dijemur di lapangan).
  2.     Guru membeda-bedakan siswanya di sekolah (berdasarkan kepintaran, kekayaan, atau perilakunya).
  3.     Siswa menghina/ mengejek, mencemooh siswa yang lain.
  4.     Siswa memalak, mengompas atau menganiaya temannya
  5.     Siswa tawuran antar pelajar baik dengan teman-teman satu sekolah atau dengan siswa lain sekolah.
Demikian pola pelanggaran HAM di lingkungan sekolah yang sanggup admin sajikan, semoga bermanfaat dan di negarat tercinta kita indonesia raya tidak lagi terjadi kasus-kasus pelanggaran HAM alasannya ialah kita sama, satu darah merah dan satu tulang putih yang bersatu dalam kibaran kemerdekaan. amiin.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90