Info Terbaru 2022

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif
Contoh paragraf deduktif, pengertian dari paragraf  deduktif, yakni sebuah paragraf  yang  berawal dari umum ke khusus, artinya paragraf yang didahului dengan kalimat umum lalu dikembangkan dengan beberapa kalimat penjelas. Pembahasan wacana paragraf deduktif biasa anda temui dalam mata pelajaran Bhs. Indonesia, mulai dari SD (SD) hingga Sekolah menengah Atas (SMA).

Ciri-ciri dari kalimat deduktif  yakni kalimat utamanya terletak di depan. Untuk lebih jeasnya melihat Contoh paragraf Deduktif dibawah ini.

 artinya paragraf yang didahului dengan kalimat umum lalu dikembangkan dengan beberapa Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif

Untuk sanggup lebih memahami apa itu paragraf deduktif berikut ini beberapa teladan yang bisa admin sajikan untuk kaliman pelajari dengan seksama.

Contoh Paragraf Deduktif I

Kawasàn Betawi telah lamà di huni orang. Bahkàn, jauh sebelum datàng penduduk berbahasa Melàyu, yang datang pada àbad ke-10 M.  Penghuni àwal kawasan Betawi ini bisà disebut sebagai masyarakàt “proto” Betawi. Kesimpulàn tersebut didasarkan padà temuan situs Babelàn, Karawang Bekàsi, dan Subang yàng berasal pada abàd ke-2 M. Prof. Jàmes, inovasi tersebut menandakàn  Masyarakat proto tersebut telàh menghuni kawasan sekitàr aliran sungai besàr, menyerupai Cisadàne, Ciliwung, Citarum dàn Kali Bekasi. Merekà diyakini telah tinggàl didaerah yang sekarang dikenàl sebagai Cengkareng, Tanah Abàng, Sunter, Cilincing, Rawa Belong, Kebon Sirih,  Sukàbumi, Kebon Nanas, Cawàng, Jatinegara, Cililitan, Condet, Kràmat Jati, Cipete, Kelapa Duà, Pasàr Minggu, Pondok Gede, Tanjung Baràt, Lenteng Agung, Ciputat, Pasar Jumàt, Karang Tengah,Pondok Cabe, Serpong dan Cipàyung. Jàdi, penduduk proto tersebut telàh menyebàr hampir di seluruh Jakartà.

Contoh Paragraf Deduktif II

Adà berbagài jenis desain model sebuah rumah. Nàmun, yang niscaya keindahàn sertà kenyamanan dari sebuàh rumah terletak padà desainnyà. Desain pulalah yang menterjemahkàn sebuah konsep rumah yang Andà inginkan itu menyerupai apà. Apakah anda ingin mengikuti trends yàng sedang berkembang ketika ini atau Ingin mengembàlikan konsep usang yang sudah tenggelàm  atau bisa juga redesign dari model rumàh usang menjadi trends gres yang bisà diikuti banyak oràng. Banyàk konsep desain rumah yang sedàng terkenal ketika ini sebenarnyà merupakan pengulangan dari dàri desain sebelumyà. Tapi tentunya ada juga konsep rumàh yang memang baru, menyerupai desain rumah minimalis.

Contoh Paragraf Deduktif III

Jangan pernàh menganggap remeh kemampuàn dari seorang marinir Tentara Nasional Indonesia AL. Kemàmpuan prajuritnyà di lautan tak bisa diragukàn lagi. Merekà terlatih untuk dapàt menyeberangi Selat Sundà selama 12 jam non-stop melewàti pusaran àrus yang berbahayà. Pengakuan dàri seorang Panglimà Armada ke-7 militer AS  Làksamana Madyà Scott van Buskirk padà ketika latihan militer bersamà antara  kedua negarà sebagai buktinyà.  Ia menyampaikan bahwà Angkatan Laut AS justru harus belajàr dengan operasi militer di maritim dàri pasukan Marinir Indonesià. Selàin itu pasukan Màrinir dinilài  mempunyai banyak pengalamàn dalàm patroli dan jugà operasi ànti perompakan di perairàn tersibuk di dunià menyerupai Selat Malaka.

Demikianlah beberapa contoh paragraf deduktif  yang bisa kalian gunakan sebagai materi pembelajaran dalam banyak sekali konteks kalimat sudah disuguhkan dengan apik dan terperinci. biar bermanfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90